Belanja Jadul versus Belanja Kekinian, Mana Yang Lebih Untung?

Watsons Online
Sumber : Website Watsons


Kalian pernah ga ngebayangin, ketika kalian hidup di sekitar 25-30 tahun yang lalu dan kalian kehabisan facial wash atau cleanser kalian pas lagi ditengah tengah acara mandi kalian banget kalian harus gimana? 

Gw sering sih.. dan gw sampe sekarang juga masih belum tau jawabannya harus gimana. Mungkin sih gw bakal cari gunting, trus facial wash gw bakal gw gunting tubenya dan gw korek sampai abis (dan masi ga cukup juga buat sewajah...hiks). Atau gw pake sabun badan aja buat bersihin wajah.. biarin dah toh cuma sekali ini aja. Atau gw bakal ga bersihin wajah sama sekali..toh cuma sekali ini aja. Yah, kayanya apapun pilihan gw, ga ada yang bagus ya ga sih? Yang ada, bagusnya mah udah persiapan kalo memang barangnya udh tiris. Ga bisa dadakan gitu aja kaaan...

Yeah, memang diakui sih kalau 20-30 tahun lalu, akses buat kebutuhan beauty itu ga semudah dan sepraktis sekarang. Di masa itu, pilihan toko yang menjual produk kecantikan cenderung sedikit. Lha di kota asal gw, tokonya cuma ada satu dua toko doang. Udah gitu mbak mbak yang jaga jutek banget apalagi kalo kita cerewet nanya nanya ini itu. Padahal sumber informasi tentang produk yang mau kita beli kan cuma mbak mbak itu yang tau karena dia adalah perwakilan brand dan bakulnya juga. Alhasil, jadi misleading dah kalo yang mau beli itu manusia awam make-up. 

Gw masih inget banget tuh, salah satu kejadian paling nyebelin yang pernah gw alami. Jadi, gw ada acara gitu kan di gereja. Pas banget gw kudu tampil di panggung karena gw salah satu pengisi acara (ehm). Nah, biar murah meriah ceritanya makeup aja sendiri kan...dan karena gw ga punya peralatan makeup ya udah gw beli (kebetulan dikasih budget meski mepet). 

Gw beli donk di salah satu (dan satu satunya yang terlengkap koleksi kosmetiknya) toko di kota gw. Karena saat itu gw bisa dibilang masih buta makeup, jd gw agak kesulitan nyari shade buat foundation gw hiks. Bisa disebut "pah poh" lah kalo orang Jawa bilang. Jadi yaa mbak mbak tokonya ngasi shade apa gw manut tanpa kepikiran nanya swatch atau nyoba tester. Alhasil, pas dicoba di muka gw, itu ya shadenya terlalu teraanggg di wajah gw hiks (ohya, jaman "muda" dulu memang kulit wajah dan badan gw ga seterang sekarang karena gw selalu beraktifitas di luar ruangan). Mau beli lagi juga ga mungkin wong udah mau tampil - selain juga budgetnya udah tipis. Ya udh, tampil di panggung dengan wajah lebih putih dari lengan. Duh malunya sampe ke jempol kaki bundaaaa....

Ohya, kejadian lain lagi yang bikin gw juga suka ketawa sendiri adalah ketika gw ngewarnain rambut. Yaaa...gw memang udah demen ngewarnain rambut dari jaman SMA. Tentu saja, ngewarnain sendiri yaa..ga ke salon. Ga kejangkau cin kalau ke salon. Jadi ya gw beli sendiri ke toko, lalu ngewarnainnya dibantu oleh temen gw. Nah, prinsip gw kan "ngapain warnain rambut kalo warnanya ga keliatan" gitu ya...jadi gw auto milih warna cat rambut paling terang sedunia tanpa mikir panjang. Trus di suatu Minggu yang cerah (oh yeah, kita dulu kan sekolahnya Senin sampai Sabtu) mulailah gw eksekusi cat rambut gw dibantu oleh salah satu temen gw. Deg degan liat hasilnya, pas kelar keramas dan rambut udah kering - jeng jreeeng ternyata wajah gw yang tadinya baik baik aja jadi super kucel setelah diwarnai, beda tipis sama orang yang ga mandi seminggu. OMG. Udah macem apalah itu penampilan. Mau beli cat lagi, duitnya sudah abis. Akhirnya gw bertahan sekitar 2-3 bulanan dengan rambut macam jerami kering nan rusak sampe akhirnya bisa beli cat rambut lagi buat balikin warna ke warna yang agak normal. Duhlah...masa masa kelam gw banget itu. 

Yaaa, gw yakin sih kejadian macem yang gw alami itu juga banyak terjadi di jaman "dulu". Keterbatasan informasi dan keterbatasan jumlah toko yang menjual perlengkapan makeup dan skincare jadi salah satu penyebab utama disaster buat anak anak muda (sok) gaul macam gw ini. Ya gimana bisa dapet info, udahnya toko satu satunya yang jaga mbak mbaknya jutek setengah mati gitu yakaan...

Tapi yaa, lain dulu lain sekarang donk ya. Gimana sekarang?

Duh, beruntunglah kalian anak muda (dan setengah tua kaya gw) di jaman sekarang karena segala sesuatunya udh segitu majunya sehingga chance terjadinya kejadian kaya gw dulu bakal kena ke kalian. 

Pengetahuan tentang beauty dan skincare, udh ada banyak tersedia dimana mana. Internet pun juga sekarang akses udh guampang banget. Ibaratnya, meski buta tentang makeup, lo ga bakal deh sampe salah shade gitu deh, baik beli langsung di offline store ataupun online. Kalau offline store, mbak mbak yang jaga rata rata udah teredukasi secara benar, baik tentang product knowledge ataupun sikap terhadap calon pembeli. Jadi lo ga bakalan deh kejadian dijutekin. Ohya, sample untuk swatch pun juga tersedia, ga diumpetin. Jadi bisa coba dulu biar ga salah shade. 

Beli online?? Bukan masalah juga kok...banyak toko offline sekarang juga punya online store, bahkan punya aplikasinya sendiri, yang mana aplikasinya tersebut lengkap dengan fitur "foundation finder". Ga ada cerita salah shade deh... Bahkan ya, kalo lo mau mewarnai rambut, atau beli lipstik atau blush on lo bisa juga "virtually" nyobain shadenya buat tau mana yang pas sama elo. Jadi, ga bakalan deh kejadian lipstik ga cocok sama tone kulit. Aha!

Gw belakangan baru aja download aplikasi Watson online dan gw lumayan kaget sih ngeliat kalo aplikasi ini ga cuma jadi toko online, tapi juga memberikan guideline dalam pemilihan shade foundie, warna lipstik, makeup, rambut bahkan style baju! Selain itu, aplikasi ini juga punya "Sunscreen Finder" yang mana aplikasi ini membantu kita buat cari jenis sunscreen yang pas buat kita. Even artikel artikel mengenai kecantikan juga bisa ditemui di aplikasi Watson online ini. Ohya, selain di aplikasi, fitur ini juga ada kok di website Watsons disini. Mampir aja dulu, Kakaa…promonya banyak dan ga tanggung tangung cin!

Watsons online
Sumber : Watsons

Selain itu, layanan Watson online juga meliputi delivery express dalam 2 jam sampai loh. So sekarang, kalau facial wash abis dan ga ada stok, udah bukan masalah lagi soalnya bisa order Watson online dan dianter kurang dari 2 jam. Lah nungguin 2 jam bisa ngapain? Bisa sambil nonton House of The Dragon atau luluran cuy...! 

Nah, kayanya cukup segini aja sih ya tulisan gw. Mending gw langsung eksekusi facial wash aja soalnya memang udh abis. Kalo facial wash lo (atau skincare lo, makeup lo, obat obatan lo) udah tiris atau abis, bisa ikutan check out kok...gw bagi kode diskon biar makin seneng lo pada.

👉👉 Kode Voucher WAPP10 (min. Belanja 100.000 dengan diskon 10.000 untuk First Purchase di Watsons Apps)

👉👉 Kode Voucher WATSONSBLOG11 (min. Belanja 100.000 dengan diskon 15.000  untuk pembelanjaan di website dan Apps) persediaan terbatas hingga 30 November 2022

See you on my next post! 

1 comment on "Belanja Jadul versus Belanja Kekinian, Mana Yang Lebih Untung?"
  1. Aku sekarang udah jarang bgt ke toko offline gt ci wkwk mending online kayak watsons online gini sih tinggal klik nunggu paket dtg..

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9