Memiliki Teknologi Pintar dan Menjadi Konsumen Pintar Bersama Honda

Haloo,

Kali ini postingan di blog aku bukan mengenai beauty yah, melainkan tentang satu produk yang punya teknologi pintar dan super fungsional buat mengantar kita kemana saja (termasuk juga ke event lho..)
Sumber gambar : disini

Aku mulai berkenalan dengan sepeda motor sejak aku lulus sekolah menengah pertama. Waktu itu, cuma ada 3 merk yang well known di daerah tempat tinggalku, tapi dari ketiga merk tersebut cuma satu merk yang paling nyantel di benak orang orang, yaitu Honda.

Lha ya gimana enggak nyantel, wong saking berkesannya merk tersebut di benak orang orang sampai menjadi majas metonimia alias semua motor itu dianggap Honda. Kalo sudah ngobrol ngalor ngidul tentang sepeda motor, mau apapun merk nya pasti orang dari usia muda sampai tua pasti sehati banget menyebut Honda.

Sumber gambar  : disini
Sebenarnya kenapa kok Honda bisa sebegitu ngetopnya, aku juga dulu tidak habis pikir. Kalau dilihat lihat, merk lain juga menawarkan disain dan model yang cukup cantik. Variasi yang ditawarkan juga banyak. Lantas, kenapa orang hanya memilih Honda? Duh ternyata simpel banget sih jawabannya, yaitu karena Honda selalu berinovasi terus dengan teknologi teknologi terbarunya.

Contoh nyatanya nih, mulai tahun 2015 ini Honda meluncurkan produk motor yang memiliki fitur dan disain terbaru. Fitur fitur tersebut dinamakan teknologi pintar Honda atau Honda Smart Technology. 

Walah...yak opo'o iku? Jangan bingung dulu Pak, Bu, Mbak, Mas...biar bisa menjadi konsumen pintar kita coba baca dan pahami lagi yuk penjabaran fitur "hondasmarttech" ini.

Sumber Gambar : Disini

Enhanced Smart Power
Enhanced Smart Power atau disingkat eSP adalah sebuah mekanisme yang dikembangkan dan diterapkan oleh Honda pada generasi terbaru skuter matic. eSP berguna untuk menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi yang dibuang, sehingga motor Honda yang dikendarai akan lebih irit bahan bakar plus performanya lebih maksimal. 

Sumber Gambar : disini

Nah, eSP ini ga berdiri sendiri loh. Di belakang eSP ada beberapa teknologi pintar Honda lainnya yang mendukung supaya eSP bekerja sempurna. Teknologi pintar tersebut antara lain sebagai berikut :
  • ACG Starter : fungsinya adalah mengurangi gesekan dan mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System). Jadi kalau misal ada emak yang mau pergi ke pasar pas baby-nya lagi tidur tidak perlu kuatir si baby bakal kebangun lalu menangis gara gara terganggu suara motor yang menyala keras.
  • Offset Cylinder : fungsinya adalah mengurangi gesekan antara piston dan silinder.
  • Roller Type Rocker Arm : dengan penggunaan Shell tipe Needle Bearing juga berfungsi mengurangi gesekan dan beban pegas katup
  • Spinny Sleeve : mengurangi distorsi dan kerugian yang terjadi akibat adanya gesekan
  • Squish : berfungsi untuk memaksimalkan pengapian dan pembakaran lebih cepat
  • Tumble : meratakan penyebaran dan memaksimalkan bahan bakar 

Kesimpulannya? karena minimalisasi gesekan di berbagai tempat dan pembakaran yang merata maka motor tetep maju, mesin awet dan bensin tidak cepat habis deh!

PGM - FI
Selain eSP ini, ada teknologi pintar lain yang dipasang dalam sebuah motor Honda. Teknologi pintar ini namanya adalah PGM-FI. 

PGM - FI merupakan teknologi pensuplaian bahan bakar dengan sistem semprot, sehingga lebih efisien dan irit dalam penggunaan bahan bakar. 

Sumber Gambar : disini
CBS (Combi Brake System)
Dulu banget nih ya, pernah suatu hari aku mau pergi ke Gereja tapi jam-nya sudah mepet gara gara menunggu hujan reda. Alhasil naik motor terburu buru, dan sampai di satu persimpangan tiba tiba ada orang menyebrang. Secara reflek aku mengerem menggunakan rem tangan motorku dan sukses menghindari tabrakan. Tapi selain itu aku sukses juga membuat motor yang aku tumpangi menungging dan melejit menjatuhkan aku.


Dari 10 orang yang naik motor, kejadian seperti ini bukan tidak mungkin terjadi ya kan? Nah, Honda dengan teknologi pintarnya rupanya juga paham banget (mungkin juga pernah mengalami :D) kejadian seperti itu. Itu sebabnya, Honda menciptakan teknologi pintar CBS, yang mengoptimalkan penggunaan rem depan dan belakang secara bersamaan di tuas rem bagian kiri.

ISS (Idling Stop System)
ISS memiliki fungsi utama mengirit bensin. Itu adalah poin pentingnya. Bersama dengan eSP, maka sistem ISS ini memungkinkan motor untuk mati bila dalam keadaan berhenti lebih dari 3 detik. 

Poin lainnya? kalau kita berhenti di belakang motor Honda yang memiliki teknologi ISS ini pada saat lampu merah, kita tidak perlu makan CO2 yang dihasilkan kendaraan bermotor di depan kita. Ramah lingkungan dan ramah terhadap diri sendiri kan?

Sumber Gambar : disini
Nah, selain teknologi teknologi pintar yang memaksimalkan penggunaan bahan bakar, membuat mesin tahan lama dan ramah lingkungan, Honda juga memiliki teknologi pintar yang meningkatkan kualitas hidup kita loh. Yah, secara tidak langsung sih...tapi aku menemukan bahwa teknologi pintar ini benar benar sangat fungsional dan tepat guna.

Answer Back System

Sumber Gambar : disini

Kalau kalau diantara kalian ada yang ke Yogyakarta, tepatnya ke jalan Malioboro, dijamin amazing dengan banyaknya motor yang diparkir di sepanjang jalan tersebut. Pernah terbayang bagaimana menemukan satu motor diantara ratusan motor lainnya? 

Enggak kuatir lagi Pak, Bu, Mas, Mbak...karena Honda paham benar dengan permasalahan njelimet yang kadang bikin emosi dan encok ini. Teknologi pintar berupa Answer Back Sistem memungkinkan kita buat mengetahui posisi motor kita pada saat kita menekan remote. Jadi, dengan tanda berupa suara dan kedipan lampu, kita bisa langsung terhindar dari keharusan mencari-cari motor kita diantara ratusan motor yang diparkir bersama sama.

LED Headlight

Sumber Gambar : disini

Dalam pemakaian lampu sehari hari, kita sudah cukup familiar dengan lampu LED dan kemampuannya menghasilkan nyala yang terang dan tahan lama. Nah, Honda pun mengabsorbsi kelebihan dari lampu LED ini untuk dipasangkan ke dalam sebuah motor Honda. 

Hasilnya? nyala yang terang dan tahan lama!

Well, dengan banyaknya keunggulan dalam sebuah motor Honda ini, mungkin sudah saat nya Bapak, Ibu, Mas dan Mbak membuktikan sendiri teknologi pintar dari Honda ini. Terimakasih.


4 comments on "Memiliki Teknologi Pintar dan Menjadi Konsumen Pintar Bersama Honda"
  1. Inovasi teknologi Honda memang mengikuti kebutuhan manusia terkini. Goodluck lombanya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan memang dari dulu penggemar fanatik Honda mba :) terimakasih banyak Mba :)

      Delete
  2. aku juga penggemar fanatik honda mak, good luck buat lombanya ya mak ^_~

    ReplyDelete
  3. Good luck mak centil yang kegalauan hihihi

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9